Pinjaman KUR BRI Sampai Rp 100 juta Sekarang Sudah Tanpa Jaminan, Kalau Masih Ditagih Jaminan Bank Kena Penalti!

Pinjaman KUR BRI Sampai Rp 100 juta Sekarang Sudah Tanpa Jaminan, Kalau Masih Ditagih Jaminan Bank Kena Penalti!

VINANSIA.COM – Kamu ingin meminjam Rp 100 juta di KUR BRI? Tenang karena caranya mudah dan bahkan tidak perlu pakai jaminan. Untuk itu simak info lengkapnya berikut ini.

Untuk diketahui, pemerintah telah menetapkan bahwa untuk pinjaman di bawah Rp 100 juta maka tidak perlukan jaminan atau agunan. Kalangan bank juga telah diminta oleh pemerintah untuk mempermudah syarat pinjaman usaha bagi pelaku UMKM.

Bos BRI yakni Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Sunarso menekankan, kebijakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di bawah Rp 100 juta memang sudah tanpa agunan.

Hal itu disampaikan Sunarso menyusul arahan dari Presiden Joko Widodo yang meminta untuk menghapus syarat adanya jaminan atau agunan bagi pembiayaan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Aturan ini ada di dalam regulasi yang diatur oleh pemerintah yaitu Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Pelaksanaan KUR.

Karena itu, kalau kamu sebagai pelaku UMKM datang ke bank untuk melakukan pinjaman KUR senilai Rp 100 juta, lalu dimintai jaminan, maka bawa saja berita ini atau cetak aturan di atas tersebut.

"Saya ulangi lagi, (pinjaman) sampai Rp 100 juta tanpa jaminan. Kalau bank masih minta jaminan, di situ banknya kena penalti," tutur dia. Artinya, jika masih ada bank yang meminta jaminan untuk KUR BRI senilai Rp 100 juta, maka ada dikenakan sanksi.

Sebagai informasi, salah satu bank yang memberikan pinjaman KUR tanpa agunan dengan nilai Rp 100 juta adalah Bank BRI. Jadi bank ini bisa menjadi pilihan kamu untuk membuat pinjaman KUR BRI.

Laman resmi BRI pun telah menyatakan bahwa untuk pinjaman KUR yang nilainya sampai Rp 100 juta maka tidak ada jaminan tambahan. Beda halnya dengan pinjaman di atas Rp 100 juta, maka ada jaminan yang harus dikasih sesuai penilaian bank.

Syarat Pinjam KUR BRI Rp 100 juta Tanpa Agunan

Lantas apa saja syaratnya? Syarat untuk mendapatkan pinjaman KUR BRI Rp 100 juta tanpa jaminan cukup dengan membawa dokumen pelengkap yakni KTP, Izin Usaha, dan NPWP. Khusus syarat NPWP tersebut diharuskan untuk pinjaman di atas Rp 50 juta.

Bunga KUR BRI Pinjaman Rp 100 juta tanpa Jaminan

Bunga yang ditetapkan untuk pinjaman KUR BRI senilai Rp 100 juta adalah 6% per tahun. Berikut rinciannya:

  1. Pinjaman ke-1: 6% efektif per tahun.
  2. Pinjaman ke-2: 7% efektif per tahun.
  3. Pinjaman ke-3: 8% efektif per tahun.
  4. Pinjaman ke-4: 9% efektif per tahun

Angsuran Pinjaman KUR BRI Rp 100 juta tanpa Jaminan

Adapun besaran cicilan untuk pinjaman KUR BRI 100 Juta bervariasi tergantung pada jangka waktu cicilan yang dipilih. Berikut adalah perkiraan cicilan per bulan untuk beberapa pilihan jangka waktu:

  • 12 Bulan : Rp. 8.606.643
  • 18 Bulan : Rp. 5.823.849
  • 24 Bulan : Rp. 4.432.057
  • 36 Bulan : Rp. 3.042.188
  • 48 Bulan : Rp. 2.348.354
  • 60 Bulan : Rp. 1.933.604

Itulah penjelasan kami tentang pinjaman KUR BRI Rp 100 juta tanpa jaminan. Semoga kita semua diberikan rezeki yang berkah dan berlimpah. Amin.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index