Daftar 7 Daerah Penerima Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau 2024

Daftar 7 Daerah Penerima Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau 2024
Daftar 7 Daerah Penerima Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau 2024 (Ilustrasi:unsplash.com)

VINANSIA.COM - Pada tahun 2024, Kementerian Keuangan menetapkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) sebesar Rp 4,9 triliun, mengalami penurunan 9,26% dari tahun sebelumnya. 

Berikut beberapa daerah yang mendapatkan dana DBHCHT beserta alokasinya:

Kabupaten Madiun, Jawa Timur

  • Kabupaten Madiun kembali mendapatkan alokasi DBHCHT pada tahun ini. Kabupaten ini menerima dana sebesar Rp 30 miliar. DBHCHT merupakan bagian dari upaya redistribusi pendapatan dari sektor cukai hasil tembakau untuk memperkuat keuangan daerah.

Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

  • Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 13 miliar dari DBHCHT tahun 2024. Anggaran ini disiapkan untuk berbagai program pembangunan dan pelayanan masyarakat di daerah tersebut.

Kota Magelang, Jawa Tengah

  • Kota Magelang menerima DBHCHT sebesar Rp 10,7 miliar. Dana ini merupakan bagian dari penerimaan negara yang diperoleh dari sektor cukai hasil tembakau, yang secara signifikan mendukung keuangan kota dalam pelaksanaan program-program strategis.

Kabupaten Kudus, Jawa Tengah

  • Kabupaten Kudus menerima alokasi DBHCHT sebesar Rp 212,18 miliar untuk tahun 2024. Dana ini diarahkan untuk mendukung berbagai sektor pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten tersebut.

Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

  • Pemerintah Kabupaten Jepara menerima transfer dana sebesar Rp 14,118 miliar dari DBHCHT. Alokasi ini diperuntukkan terutama bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang mendapat porsi terbesar dalam penggunaan dana tersebut.

Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

  • Kota Mataram mendapatkan DBHCHT sebesar Rp 74 miliar pada tahun 2024. Dana ini dimanfaatkan untuk mendukung program-program prioritas yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di kota tersebut.

Kabupaten Pati, Jawa Tengah

  • Kabupaten Pati mendapat alokasi DBHCHT sebesar lebih dari Rp 12,3 miliar pada tahun anggaran 2024. Dana ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memperkuat fiskal daerah serta mendukung berbagai inisiatif pembangunan lokal.

#BLT Dana Bagi Hasil Cukai

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index
Seedbacklink